-->

Prinsip Prinsip Perencanaan Dalam Manajemen!

Prinsip Prinsip Perencanaan Dalam Manajemen!

Pada kesempatan ini kita akan mengulas sedikit prinsip perencanaan, sebelumnya kita bahas pengertian perencanaan atau planning, perencanbn adalah fungsi utama dari seorang pimpiman yang pelaksanaannya tergantung kepada baik atau buruknya suatu rencana. , supaya tujuan dapat dicapai perencanaan harus dibuat sempurna yang didasarkan atas kenyataan2 objektif dan rasional demi terwujudnya suatu kerja sama yang efektif, perencanaan juga harus dapat memproyeksikan kejadian yang akan datang, dipikirkan secara matang mengenai segi anggarannya, kebijaksanaan programnya, metodeoya, prosedurnya, standarnya, strategi dan sebagainya.
ada beberapa prinsip perencanaan diantaranya:
* prinsip perubahan sasaran, atau principle of contribution to objective, setiap perencanaan berikut perubahannya harus mempunyai suatu tujuan tertentu.
* prinsip efisiensi perencanaan atau principle of officiency of plans, setiap perencanaan harus dilakukan secara efisien mungkin. * prinsip pengutamaan perencanaan atau principle of primacy of planning, merupakan keperluan yang paling utama disamping fungsi fungsi lain, yang harus dilakukan seorang pimpinan.
baca juga: 

Fungsi Pergerakan dan Kepengikutan Dalam Manajemen!

* prinsip pemerataan perencanaan atau principle of pervasiveness of planning, merupakan peranan yang sangat penting sekali setiap pimpinan pada jenjang yang lebih tinggi selalu mengerjakan perencanaan dan bertanggung jawab dengan sepenuhnya.

* prinsip batas perencanaan atau principle of planning premise, ini berguna sekali untuk membuat sebuah ramalan karena premis premis perencanaan dapat menunjukan kejadian masa akan datang.

* prinsip kebijaksanaan pola kerja atau principle of policy frame work, disini kebijakan dapat membentuk pola kerja dan juga prosedurnya.

* prinsip waktu atau principle of timming, merupakan manfaat waktu perencanaan secara tepat dan dalam waktu singkat.

* prinsip tata hubungan perencanaan atau principle of planning communication setiap orang punya rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya masing2 * prinsip alternatif alternatif atau principle of alternatives, harus dapat memilih alternatif pada setiap rangkaian kerja dan perencanaan dan tujuan tercapai.

* prinsip pembatasan faktor, atau principle of limiting factor merupakan faktor yang paling strategis dalam membantu pemecahan masalah, prinsip pembatasan faktor bersama dengan prinsip alternatif adalah sebagai persyaratan yang diperlukan sekali dalam setiap penetapan keputusan.

* prinsip keterkaitan atau the comitment principle, jangka waktu yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan.

* prinsip fleksibelitas atau the principle of flexibility ini sangat diperlukan sekali dalam setiap perencanaan.

* prinsip ketetapan arah atau the principle of navigation change, untuk membuat perencanaan yang efektif diperlukan sekali pengamatan yg terus menerus terhadap kejadian yang timbul setiap pelaksanaan.

* prinsip perencanaan strategi atau principle of strategic planing ini tentang tindakan apa saja yang diperlukan.

baca juga: 

Pengertian Pergerakan (Actuating) Dalam Manajemen!

semoga bermanfaat.

0 Response to "Prinsip Prinsip Perencanaan Dalam Manajemen!"

Post a Comment

Jika Anda ingin mendalami ilmu manajemen (TEORI) Silahkan kembali lagi kesini, karna kami menyajikan informasi dan berbagi ilmu manajemen di blog ini, yang membahas khusus manajemen.

Silahkan berikan tanggapan anda terhadap pembahasan distas.

Apakah informasi yang kami berikan menambah wawasan anda dan apakah bermanfaat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel