-->

Pengertian wewenang secara umum dan menurut para ahli manajemen!

 Pengertian wewenang secara umum dan menurut para ahli manajemen!

selamat datang diblog khusus membahas tentang manajemen. wewenang dan tanggung jawab merupakan hal yang berkaitan dengan manajemen. wewenang atau authority adalah alat untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan. wewenang sangat identik dengan kekuasaan. karena dengan wewenang berarti orang yang bersangkutan mempunyai kekuasaan. wewenang dapat didelegaqikan dari suatu pihak kepada pihak lain namun tentu tidak semua wewenang dapat didelegasikan. bawahan tidak akan dapat melakukan pekerjaan apabila tidak ada perintah atau tidak diberi wewenang oleh atasannya. dengan tidak adanya wewenang berarti tidak ada kegiatan dalam perusahaan. sebagai perundingan berikut arti wewenang menurut para ahli:
* harold koontz cyril o donndl. authority is legal or righ full power a righ to command or to act. wewenang adalah kekuatan yang syah atau sepenuhnya yaitu suatu hak untuk memerintah atau bertindak.
* louis a allen: authority is the sum of the powers and right entrusted to make possibble the performance of the work delegated. wewenang adalah sejumlah kekuasaan dan yang didelegasikan pada suatu jabatan.
baca juga:

Macam macam wewenang dalam manajemen sangat perlu sekali anda pahami!

* george r terry: authority is the officiak and legal right to command action by others and enforce compliance, wewenang adalah kekuasaan resmi dan kekuasaan pejabat untuk menyuruh pihak lain supaya bertindak dan taat kepada pihak yang mempunyai wewenang itu.

* r.c. davis: authority is the corresponding right the enables the individual to discharge the particular obligation, wewenang adalah hak yang cukup untuk memungkinkan seseorang dapat menyelesaikan suatu tugas kewajiban tertentu.

* m.s.p hasibuan: authority adalah wewenang syah yang dimiliki seseorang untuk memerintah orang lain.

dari pendapat diatas dapat disimpulkan wewenang adalah kekuasaan yang syah untuk memerintah orang lain melakukan tugasnya.

wewenang adalah dasar yang sangat mutlak untuk melakukan tindakan kegiatan aktivitas seorang manajer didalam sebuah perusahaan. tanpa mempunyai wewenang  
orang orang dalam perusahaan tidak akan dapat bertindak. wewenang dapat dibagi atas 3:

1. wewenang garis: fungsi yang mempunyai tanggung jawab langsung untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. wewenang staf: unsur organisasi yang dapat membantu lini untuk bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan.

3. wewenang fungsional: kekuasaan seorang manajer yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pegawai sesuai dengan bagian tertentu.

sekian pembahasan kita pada kesempatan ini semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. amin

baca juga: administrasi

0 Response to "Pengertian wewenang secara umum dan menurut para ahli manajemen!"

Post a Comment

Jika Anda ingin mendalami ilmu manajemen (TEORI) Silahkan kembali lagi kesini, karna kami menyajikan informasi dan berbagi ilmu manajemen di blog ini, yang membahas khusus manajemen.

Silahkan berikan tanggapan anda terhadap pembahasan distas.

Apakah informasi yang kami berikan menambah wawasan anda dan apakah bermanfaat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel