-->

Pengertian manajemen secara umum yang perlu dipahami untuk dasar!

Pengertian manajemen secara umum yang perlu dipahami untuk dasar!

selamat datang. pada kesempatan ini adalah penulisan pertama di blog yang membahas dasar dasar manajemen, pertama kita akan membahas pengertian dari manajemen itu sendiri. manajemen berhubungan dengan segala upaya untuk mencapai sasaran-sasaran tertentu dengan memanfaatkan sumber yang ada sebaik-baiknya. manajemen secara umum dapat diartikan sebagai kegiatan mengatur pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara terarah untuk mencapai tujuan tertentu. kata manajemen berasal dari bahasa inggris management yang dikembangkan dari kata to  manage yang artinya mengatur atau mengelola, kata manage berasal dari bahasa italy maneggio, dadaptasi dari bahasa latin managiare yang berasal dari kata manus artinya tangan.
dari perkembangan diatas dahulu kata manage sering pula diartikan sebagai:
~ melatih kuda
~ rumah tangga
~ memimpin dan mengawasi.
dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya inti persoalan dari manajemen adalah upaya mengatur segala sesuatu sumber daya dengan pengarahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan. pada hal mengatur ini kemudian timbul beberapa pertanyaan tentang apa yang diatur, siapa yang mengatur, mengapa harus mengatur, dan apa tujuan pengaturan. seterusnya berdasar pertanyaan diatas diperlukan untuk mempelajari, mendalami, menghayati, mengembangkan, dan praktekan manajemen tersebut secara baik sehingga pelaksanaannya benar menopang kemajuan perusahaan. oleh karena sifat pengaturan yang melekat pada manajemen di indonesia banyak orang yang mengartikan manajemen sebagai tata laksana yaitu suatu kegiatan yang menyangkut pengaturan dan memimpin orang yang menjadi bawahannya untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

dari penjelasan diatas dapat kita lihat ada 2 hal penting dalam manajemen:
~ posisi atau jabatan atau kedudukan yang disediakan bagi orang-orang tertentu yang memenuhi syarat dalam jabatan tersebut.
~ kegiatan atau job yaitu pekerjaan dalam organisasi mulai dari tahap perencanaan, pengaturan, pengarahan , pelaksanaan pengendalian, pengawasan kegiatan dan sebagainya.

sekian topik pertama kita mengenai pengertian manajemen, jika anda ingin belajar teori manajemen selalu datang kesini karena disini kami membahas semua yang berkaitan dengan manajemen. semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian manajemen secara umum yang perlu dipahami untuk dasar!"

Post a Comment

Jika Anda ingin mendalami ilmu manajemen (TEORI) Silahkan kembali lagi kesini, karna kami menyajikan informasi dan berbagi ilmu manajemen di blog ini, yang membahas khusus manajemen.

Silahkan berikan tanggapan anda terhadap pembahasan distas.

Apakah informasi yang kami berikan menambah wawasan anda dan apakah bermanfaat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel