-->

Pengertian kepemimpinan dalam ilmu manajemen secara umum!

Pengertian kepemimpinan dalam ilmu manajemen secara umum!

selamat datang. pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian dari kepemimpinan yang merupakan bagian dari manajemen. dalam perusahaan orang yang terdapat didalamnya dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
* pekerja kerah putih: kelompok kera putih terdiri dari manajemen puncak /top management, manajemen menengah /middle management, manajemen bawah/lowwer management , orang orang yang duduk atau menjalankan wewenang pada tingkat manajemen diatas disebut sebagai pemimpin. yang menjalankan kepemimpinan disebut sebagai pemimpin. yang menjalankan kepemimpinan dalam rangka mencapai tujuan yang di inginkan.
* pekerja kerah biru: kelompok kera biru terdiri dari orang-orang yang tidak punya wewenang terhadap orang lain. mereka hanya menerima suatu tugas dan menjalankannya dari pemimpinnya.
dengan membandingkan kedua kelompok diatas, dapat kita ketahui bahwa dalam suatu organisasi selain ada pihak yang memimpin juga ada pihak yang dipimpin.

jadi kepemimpinan dapat disebut sebagai orang yang mempunyai wewenang untuk mengarahkan orang orang lain yang menjadi bawahannya untuk melakukan tugas serta bertanggung jawab atas semua kegiatan yang dilaksanakan bawahan maupun dirinya dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

banyak pakar manajemen mengemukakan pendapatnya tentang kepemimpinan ini. berikut kutipan mereka:

chester irving barnard menyatakan "eksekutif harus memimpin dan menyesuaikan berbagai proses yang menghubungkan sistem kerja sama dengan lingkungan dan yang memberikan kepuasan pada perorangan.

george r terry menyatakan "kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang agar mau bekerja sama mencapai tujuan

dari uraian diatas dapat kita tentukan unsur dari kepemimpinan:

~ yang mengatur, mengarahkan, dan mempengaruhi disebut pemimpin.
~ yang diatur, diarahkan dan dipengaruhi disebut sebagai bawahan
~ organisasi sebagai wadah
~ tujuan dan sasaran
~ kegiatan tugas
~ tanggung jawab
~ lingkungan dalam kepemimpinan berarti ada keterkaitan antara pemimpin dengan berbagai kegiatan yang dihasilkan oleh pemimpin tsb. pemimpin adalah seorang yang dapat mempersatukan orang orang dan mengarahkannya sedemikian rupa untuk mencapai tujuan tertentu. dalam diri pemimpin ada tercakup kemampuan:
~ administrator: disebut kemampuan mengatur kedalam
~ deal makelar: disebut sebagai kemampuan untuk bernegosi
asi dengan pihak rekanan sehingga menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan perusahaan.

sekian pembahasan kita mengenai kepemimpinan yang merupakan bagian dari manajemen. jika anda ingin mendalami ilmu manajemen silahkan kembali lagi kesini

0 Response to "Pengertian kepemimpinan dalam ilmu manajemen secara umum!"

Post a Comment

Jika Anda ingin mendalami ilmu manajemen (TEORI) Silahkan kembali lagi kesini, karna kami menyajikan informasi dan berbagi ilmu manajemen di blog ini, yang membahas khusus manajemen.

Silahkan berikan tanggapan anda terhadap pembahasan distas.

Apakah informasi yang kami berikan menambah wawasan anda dan apakah bermanfaat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel